Doa Agar Sukses Dunia Akhirat

Sukses adalah dambaan setiap orang, siapa pun dan di mana pun. Selama proses mencapai kesuksesan, seseorang membutuhkan tekad yang kuat untuk mewujudkannya, usaha yang maksimal dan doa yang tidak pernah putus.

Dalam Alquran, Allah telah menurunkan sebuah ayat luar biasa yang bisa kita gunakan sebagai doa untuk mencapai kesuksesan tersebut. Ayat ini biasa dikenal dengan doa sapu jagad. Menurut jumhur ulama doa ini mencakup semua permintaan manusia, dunia mapun akhirat. Sebab itu dinamakan doa sapu jagad, karena seluruh permintaan manusia pada hakikatnya tidak lepas dari kesuksesan dunia dan akhirat. Ayat tersebut berbunyi:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka” (QS. Albaqarah ; 201)

Rasulullah juga mengajarkan kepada kita untuk memperbanyak doa tersebut guna mencapai apa yang kita inginkan. Sebagaimana sahabat Anas bin Malik mengatakan:

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ .

Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Dalam kitab Fathul Bari, Ibnu Hajar menerangkan juga bahwa Rasulullah tidak berdoa melainkan dengan doa tersebut. Begitupun dengan orang sholeh dan kita yang menginginkan banyak kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ibnu Hajar menyebutnya sebagai berikut :                                                                                                                       

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                  لَمْ يَدْعُ نَبِيّ وَلَا صَالِح بِشَيْءٍ إِلَّا دَخَلَ فِي هَذَا الدُّعَاء

Tidaklah seorang nabi maupun orang shalih berdoa melainkan mereka menggunakan doa ini.” (Fathul Bari, 2: 322).

Doa sapu jagad mencakup tiga ha,l yakni meminta kebaikan dunia, kebaikan akhirat dan terbebas dari api neraka. Bukankah begitu yang diharapkan dalam kehidupan manusia, tidak hanya melulu doa untuk di dunia, tapi juga berdoa untuk kehidupannya di akhirat kelak.

Doa sapu jagad juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan soleha. Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas ra., yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya ialah menikahi orang yang shaleh dan shaleha. Sehingga sering membaca doa ini setelah shalat merupakan salah satu cara agar Allah mempertemukan dengan belahan jiwa kita.

Doa yang sering kita ucapkan ini ternyata punya kandungan makna yang mendalam. Semoga bisa kita amalkan dan pahami maknanya sehingga kita pun bisa bersungguh-sungguh dalam berdoa.

sumber  : Bincangsyariah.com